NGOPI CANTIK #5 (How to Write A Good Beauty Article)

Hai...  Assalamualaikum Beauties... 


Akhirnya ketemu lagi di ngopi cantik dan ini ngopi cantik episode ke 5,  makin banyak aja nih ilmu pengetahuan gua di dunia perbloggingan.. Ngopi cantik di episode kali ini mengangkat topik 
How to Write A Good Beauty Article 
Nara sumber yang akan membagikan materi pada kali ini yaitu ka Grisselda Nihardja 
jadi beliau adalah kepala editor dari 
  Beauty Journal  

sebagai beauty blogger tentu harus menyajikan beauty article yang baik dan imformatifve. tapi kadang suka sebel pas ketemu sama yang namanya "Mentok Ide" pasti pernah mengalaminnya kan gaes...?
dan itu pun cukup sering terjadi, apa lagi pas mau nulis bingung apa yang mau di bahas dan apa yang lagi banyak di cari para pembaca, jangan bingung gaes.. karena setiap masalah pasti ada solusinya. 
Bukannya begitu sodara-sodara??
nah disini gua mau berbagi ilmunya nih.. tentunya ilmu ini gua dapetin dari ngopi cantik episode ke 5 dan gua mau share lagi ke kalian gaes.. 

Buat ngatasin mentok ide kalian bisa mencari dulu apa yang lagi trending. What trending on social media ? 
kalian bisa liat di Instagram,YouTube. kalau kalian masih main twitter juga bisa liat di situ, karena di jaman sekarang hampir semua orang main yang namanya sosial media, next kita juga bisa cek di komunitas-komunitas para Beauty Blogger berkumpul karena biasanya di komunitas tersebut biasanya selalu update dan ikut membahas apa yang sedang trending, atau kita juga bisa pakai sumber dari 
 Google Trends  
walau pun engga spesifik banget datanya (Karena ini free) at least kita ada gambaran apa yang banyak nongol di sana.


Ini adalah contohnya
Di sini gua search "Lipstick" lokasinya juga udah gua set di indonesia, dan ini hasil dalam waktu 3 bulan terakhir.


 hasilnya kaya gini, ada related topics, ada related queries.
ngeliat hasilnya pasti kita berfikir "Apaan sih nih" tetapi kita malah jadi tau ternyata ada brand Ozera, keliatan juga kalau lipstick dari brand Pixy dan lipstick brand Ivan Gunawan banyak juga yang cari.
yang seperti ini bisa jadi peluang kita untuk membuat articlenya.

buat ide-ide article yang akan kita tulis agar rapih sebaiknya kita punya file atau note untuk menyimpan ide kita terlebih dahulu, berupa dokumen atau kita juga bisa simpan di note yang ada di smartphone kita, jadi pas dapet ide bisa langsung kita tulis.

sekarang kita masuk ke articlenya.
Beauty article sendiri banyak tipenya dan bermacam-macam, jadi alangkah baiknya sebelum kita nulis, harus tau dan di tentukan dulu mau seperti apa. umumnya,Beauty article tipe seperti 
berikut :  
- PRODUK REKOMENDASI
- REVIEW            
      - TIPS                    
- TUTORIAL          
 - INTERVIEW          

Treatment untuk masing-masing itu pun berbeda-beda. 
Dan sebagai penulis usahakan untuk cover important aspects dari tiap-tiap tipe yang kita buat.
untuk review udah pasti ada beberapa poin yang akan di kupas, seperti kemasan,Klaim,Ingredient, Cara pakai,Harga produk dan bisa beli dimana.

contoh kalau kita nyorotin kemasan produk tersebut, memang keliatannya simpel dan engga begitu penting, tapi untuk orang yang belum pernah liat dan pegang produk tersebut itu mungkin informasi yang ada di kemasan penting untuk pembaca, hal-hal seperti ini yang perlu di sampaikan ke pembaca agar meraka lebih aware juga. 

untuk rekomendasi kita juga harus sampaikan secara singkat ke pada pembaca apa kelebihan dan kekurangan dari produk tersebut, misalnya lagi bahas foundation informasikan juga ke pembaca kalau foundationnya cocok untuk jenis kulit wajah apa.

jadi sekian share ngopi cantik ke 5 yang gua ikuti di bulan ini, semoga ilmu yang gua share ke kalian bisa bermanfaat

janga lupa ya gaes untuk follow instagram
BEAUTIESQUAD ]

Comments

Popular posts from this blog

Makeup Adalah Hak Kami Collaboration - BEAUTIESQUAD

Barbie Make Up Collaboration ( BEAUTIESQUAD)

Ice Cream Make Up Collaboration